Antonim (Antonyms) dalam bahasa inggris

update terakhir:

Selamat datang di artikel belajar bahasa inggris keempatbelas, pada bagian ini kita akan mengenal dan mempelajari lawan kata atau antonim dalam bahasa inggris.

Untuk kalian yang datang pada artikel ini pertama kali, ada baiknya kalian membaca dahulu artikel utama bahasa inggris dari blog ini yaitu tentang mind map bahasa inggris. Artikel tersebut merupakan artikel utama dari belajar bahasa inggris pada blog ini dan menjadi panduan untuk mempelajari artikel bahasa inggris lainnya. Prinsip dasar penyusunan materi bahasa inggris di blog ini dapat dilihat pada artikel tersebut.

Apabila kalian sudah membaca artikel utama tersebut maka kalian bisa melanjutkan perjalanan ini, mari kita masuk ke pembahasan.

kompas belajar bahasa inggris
Gambar 1. Kompas belajar bahasa inggris

Antonim (antonyms) atau lawan kata yang digunakan dalam bahasa inggris mempunyai konsep yang sama dengan antonim dalam bahasa indonesia, yaitu bersifat hitam dan putih.

Sebelum mempelajari tabel antonim di bawah ini, saya akan memberikan sedikit wawasan tentang tipikal orang yang mempelajari bahasa inggris. Orang tipikal pertama adalah orang yang percaya bahwa mempelajari bahasa inggris itu tidak butuh waktu lama, alias satu atau dua bulan mungkin langsung menjadi ahli. Silahkan kalian bermain ke kampung inggris pare kediri, kalian akan melihat sendiri realitanya, tidak ada satupun tempat les disana yang mampu menjamin hal itu. Kebanyakan orang-orang yang menjadi ahli dalam waktu singkat ketika belajar bhs inggris biasanya sudah mempunyai modal awal yang cukup besar. Jadi sungguh menyebalkan jika orang-orang tersebut mengkalkulasi waktu belajarnya dengan orang-orang yang memang mulai belajar bahasa inggris dari nol. Orang tipikal kedua adalah orang yang sudah kenyang dengan semua realita yang ada dalam belajar bahasa inggris, mereka adalah orang-orang yang sangat menjauhi iklan-iklan les bahasa inggris yang menawarkan program fasih berbicara bahasa inggris dalam waktu singkat. Dunia ini memang menyebalkan, bukan?

Kalian harus menyadari bahwa untuk menguasai suatu bahasa kalian harus menguasai 4 komponen skills utamanya, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Jadi, bukan hanya speaking saja yang dilatih. Para polyglot sering menyarankan bahwa ketika kalian menyusun jadwal bahasa inggris dalam sehari-hari, keempat komponen skills tersebut harus masuk ke dalam list harian kalian (dibagi 2-3 hari tidak masalah asal periodik). Tujuannya adalah agar kalian bisa benar-benar menguasai bahasa tersebut, karena skills input (listening, reading) yang kalian pelajari harus seimbang dengan skills outputnya (writing, speaking).

Itu adalah wawasan sedikit mengenai orang-orang ketika mempelajari bahasa inggris, agar artikel ini panjang saja sebenarnya. Berikut ini adalah tabel antonim yang bisa kalian pelajari:

No. Antonyms
1 alive dead
2 allow forbid
3 always never
4 amateur professional
5 Mature (dewasa) Immature (tidak dewasa)
6 Patient (sabar) Impatient (tidak sabar)
7 Perfect (sempurna) Imperfect (tidak sempurna)
8 Possible (mungkin) Impossible (tidak mungkin)
9 Polite (sopan) Impolite (tidak sopan)

Antonim pada tabel di atas memang terlalu sedikit, saya hanya memasukkan antonim yang populer saja. Untuk kalian yang ingin menambahkan materi pada tabel di atas kalian bisa mengkurasi sendiri materi bahasa inggris yang kalian punya dan sesuaikan dengan format tabel yang kalian tambahkan. Setelah itu kalian dapat mengirimkannya ke email saya di ambizius6@gmail.com, anggaplah blog ini adalah rumah bersama, jadi jangan pelit-pelit berbagi ilmu ya. Link berikut ini adalah contoh dari format file kontribusi tersebut. Kredit akan diberikan kepada sang kontributor sebagai bentuk apresiasi.

Silahkan tinggalkan komentar di bawah apabila terdapat kesalahan penulisan, pemaknaan, grammar atau yang lainnya. Kalian juga bisa melacak perubahan yang terjadi pada tabel di atas dengan cara melihat riwayat pembaruan pada tabel di bawah ini:

Tanggal Riwayat Pembaruan
15 April 2022 Menambahkan 9 kata-kata pada tabel

Tabel tersebut digunakan untuk melacak perubahan yang terjadi akibat adanya kesalahan dalam pemberian materi atau apabila di kemudian hari ada penambahan materi pada tabel-tabel di blog ini.

Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat maka kalian bisa share ke teman kalian yang sedang berjuang mempelajari bahasa inggris.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan tetap semangat belajarnya!

Hi, salam kenal! Link ini mengenai saya.
email: ambizius6@gmail.com
Creative License
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.

0 diskusi

Jika ingin menyisipkan kode / url gambar / quote silahkan konvert dulu dengan kotak di bawah. Tulis elemen, klik tombol konvert yang kamu inginkan, copy, dan paste ke kolom komentar.


image quote pre code
© Hipolisis