Bahasa inggris US dan UK

update terakhir:

Pada artikel kesembilan ini teman-teman akan mempelajari tentang perbedaan bahasa inggris versi United States (US) dan United Kingdom (UK). Untuk teman-teman yang langsung tiba pada artikel ini maka saya merekomendasikan untuk membaca artikel utama bahasa inggris dari blog ini terlebih dahulu, yaitu tentang mind map bahasa inggris. Penyusunan materi bahasa inggris pada blog ini menggunakan easy to hard principle dan dibackup secara sempurna dengan penggunaan aplikasi Anki untuk mereview materi yang sudah dipelajari.

Apabila sudah mengerti tentang ide utama dari penyusunan materi bahasa inggris di blog ini, mari kita mulai pembahasannya!

tempat belajar bahasa inggris
Gambar 1. Tempat belajar bahasa inggris

Perbedaan penggunaan kata-kata bahasa inggris versi US dan UK sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak memiliki perbedaan, namun perbedaan yang cukup mencolok terjadi pada pronunciation dan logat (aksen) dari kedua versi tersebut. Dari segi resource di internet penggunaan bahasa inggris versi US adalah yang paling dominan dibandingkan dengan versi UK. Hal ini membuat kita kesulitan dalam mempelajari bahasa inggris versi UK karena tutornya pun tidak begitu banyak di internet, sehingga pembelajaran dengan usaha yang ekstra keras diperlukan untuk menaklukkan bahasa inggris versi UK ini.

Dalam pengaplikasiannya, bahasa inggris versi US dan UK ini cukup membingungkan jika kita tidak familiar dengan perbedaannya. Sebagai contoh misalnya kita tanpa disadari sebenarnya sedang menulis essay dengan menggunakan bahasa inggris versi US, tetapi karena kita tidak mengerti perbedaan dari kedua versi bahasa inggris tersebut maka kita menuliskan essay tersebut dengan kata-kata yang campur aduk, yaitu ada kata-kata bahasa inggris dari versi US dan versi UK. Hal ini tentunya akan menjadi masalah jika essay tersebut dibaca oleh native speaker versi US ataupun UK, karena hal ini dapat menunjukkan bahwa kemampuan bahasa inggris yang kita miliki tidak terlalu mahir.

Disamping itu, perbedaan ini juga harus dipahami secara benar jika kita ingin menggunakan aplikasi word editing populer seperti microsoft word ataupun aplikasi writing assistant seperti grammarly. Kedua aplikasi tersebut bekerja berdasarkan settingan yang kita pilih, bahasa inggris versi US atau UK, sehingga apabila kalian salah memilih versi bahasa inggris tersebut maka kedua aplikasi ini akan menyarankan perbaikan pada kata-kata yang kalian pilih.

Kolom kedua pada tabel dibawah ini adalah bahasa inggris versi US dan kolom ketiganya adalah versi UK, format ini berlaku pada seluruh baris tabel kecuali yang didefinisikan secara khusus versinya seperti nomor 42 – 49. Kata-kata yang kasar saya sensor agar tidak disalahgunakan oleh pembaca dibawah umur, tetapi kata-kata tersebut tidak saya sensor pada materi bahasa inggris yang saya berikan untuk aplikasi Anki. Hal itu saya lakukan karena saya memiliki asumsi sederhana, apabila kalian bisa menggunakan aplikasi Anki yang begitu kompleks maka kemungkinan besar kalian memiliki nalar yang bagus, nalar yang bagus ini berkorelasi dengan kebijaksanaan yang bagus juga, dalam konteks memilah-milah penggunaan kata sesuai situasi.

Jika sudah memahami petunjuk dari paragraf sebelumnya maka kalian bisa langsung mempelajari tabel di bawah ini:

No. US UK
1 color colour
2 theater (panggung) theatre
3 favorite favourite
4 meter metre
5 gray grey
6 apologize apologise
7 draft draught
8 plow (membajak) plough
9 learned learnt
10 program programme
11 jewelry (perhiasan) jewellery
12 fries (kentang goreng) chips
13 cookie (kue) biscuit
14 eggplant (terong) aubergine
15 flashlight (senter) torch
16 mail (kotak pos) post
17 sneakers (sepatu kets) trainers
18 F*ck it! Scr*w it!
19 D*mn!
Moth*rf*cker!
Bl**dy hell!
20 F*ck off! P*ss off!
21 G*ddamn it!
G*ddamn!
Bl*mey!
22 F*cker! B*gger!
23 D*mn it! (sial) D*rn it!
24 I'm broke (aku miskin) I'm skint
25 It's craps (omong kosong) it's tosh
26 10 bucks ($10) 10 quid (£10)
27 I'm so pissed (marah/jengkel) I'm so pissed (mabuk)
28 F*ck you Scr*w you
29 Oh lord Gee!
30 Traveling (jalan2) Travelling
31 Realize (sadar) Realise
32 Ass Arse
33 mom (ibu) mum
34 Tsup dude? (apa kabar?) Alright mate!
35 It's pretty good (cukup bagus) It's quite good
36 I knew it (aku sudah tahu) I've known it
37 Sus / Suspicious (curiga) Dodgy
38 Hyped / Pleased (senang) Chuffed
39 Pooped (kelelahan) Puffed
40 Loaded (mabuk) Pissed
41 Hella (sial) Bloody
42 Swear words (UK) You're such a b*llend!
43 What a tw*t!
44 Why don't you just s*d off!
45 Tell that arseh*le to do one!
46 B*ll*cks! I forgot my wallet
47 Someone is hot (UK) {He/She}'s fit
48 {He/She}'s peng
49 He's buff

Apabila kalian ingin menambahkan materi bahasa inggris versi US dan UK pada tabel di atas maka kalian dapat mengirimkannya melalui email saya, yaitu di ambizius6@gmail.com dalam bentuk file excel. Kredit juga akan saya berikan kepada sang pengkontribusi sebagai bentuk apresiasi. Link berikut ini adalah contoh dari format file kontribusi tersebut.

Kalian dapat melacak pembaruan dari tabel di atas dengan melihat riwayat pembaruan pada tabel di bawah ini, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila terdapat kesalahan materi atau penambahan materi pada tabel di atas. Berikut adalah tabelnya:

Tanggal Riwayat Pembaruan
10 April 2022 Menambahkan 49 kata-kata pada tabel

Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah jika kalian menemukan kesalahan dalam penulisan, pemaknaan, grammar, dan sebagainya. Jangan lupa share juga ke teman-teman kalian yang sedang mempelajari bahasa inggris. Selamat belajar!

Hi, salam kenal! Link ini mengenai saya.
email: ambizius6@gmail.com
Creative License
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.

0 diskusi

Jika ingin menyisipkan kode / url gambar / quote silahkan konvert dulu dengan kotak di bawah. Tulis elemen, klik tombol konvert yang kamu inginkan, copy, dan paste ke kolom komentar.


image quote pre code
© Hipolisis