Bahasa Inggris

update terakhir:

Halaman ini didesain untuk mempelajari bahasa inggris secara otodidak dan terstruktur. Bisa digunakan untuk belajar persiapan toefl ataupun ielts. Sistem yang diterapkan pada penyusunan materi bahasa inggris di blog ini adalah berdasarkan prinsip:

  • Easy to Hard
    ⟶ Normal to Advanced
    ⟶ Important to Unimportant
    ⟶ Incorrect to Correct
    ⟶ Frequently to Rarely

Prinsip Easy to Hard dalam konteks belajar memang sering menjadi perdebatan di kalangan akademis, antara mulai belajar dari yang mudah terdahulu atau yang sulit terdahulu. Stance saya tentu belajar dari yang mudah terlebih dahulu kemudian menuju ke yang sulit. Hal ini pun beralasan, menurut saya scanning bahan materi dari yang sulit dahulu itu penting untuk dilakukan agar mendapatkan big picture dari apa yang kita pelajari, perlu dicatat disini kita hanya scanning materi yang sulit dahulu, bukan belajar secara serius menggunakan seluruh energi kita.

mind map bahasa inggris
Gambar 1. Mind map

Jika pada awal-awal kita belajar dari yang sulit terlebih dahulu dengan seluruh energi kita maka biasanya kita akan kehilangan motivasi ketika materi sulit tersebut tidak dapat ditaklukkan. Padahal kita tahu bahwa untuk menaklukkan materi yang sulit tersebut diperlukan 'materi prasyarat yang harus dikuasai'.

Jadi pada artikel ini saya hanya akan menyampaikan urutan materi prasyarat yang harus dikuasai sebelum mencapai level sulit tersebut, from easy to hard principle. Kalian boleh scanning secara acak sesuai keinginan kalian untuk mendapatkan big picture dari apa yang akan kalian pelajari.

Berikut ini adalah tahapan rekomendasi materi prasyarat yang harus kalian pelajari:

MIND MAP BAHASA INGGRIS

  1. ID-EN
  2. EN-ID (beginner)
  3. EN-ID (intermediate)
  4. EN-ID (advanced)
  5. Incorrect-Correct
  6. Informal-Formal
  7. Normal-Advanced
  8. Paraphrase
  9. US-UK
  10. Actions
  11. Grammar
  12. Phrasal Verbs
  13. Confused Words
  14. Antonyms
  15. Acronyms
  16. Symbols
  17. Portmanteau Words
  18. Words Contraction
  19. Random
  20. Indonesian Insight

itu adalah urutan materi yang harus kalian pelajari untuk dapat mempelajari bahasa inggris secara efektif di blog ini.

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya seperti ini:
'Materinya banyak sekali, paling satu atau tiga hari setelah mempelajarinya juga lupa'
Eittsss... tenang dulu, hal mengenai review materi ini sudah saya antisipasi dengan menggunakan aplikasi ANKI.

Apa itu Anki dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini adalah artikel mengenai Anki yang harus kalian pelajari dan dapat dijadikan petunjuk/pedoman penggunaan aplikasi Anki: (usahakan pelajari secara berurutan)

MIND MAP ANKI

  1. Review Materi Menggunakan Anki Flashcards
  2. Cara Download Anki Flashcards
  3. Fitur-Fitur pada Anki Flashcards
  4. Cara menggunakan Anki Flashcards
  5. Materi Bahasa Inggris Anki Flashcards

Apa itu Anki? sederhananya, ini adalah semacam aplikasi yang berisikan flashcards dan memiliki prinsip kerja seperti mereview materi pelajaran kalian ketika di sekolah secara aktif. Biasanya kita melakukan review materi untuk ujian di sekolah dengan cara membaca ulang (pasif). Sedangkan ketika menggunakan Anki kita tidak tahu soal mana yang akan kita dapatkan (seperti ujian di sekolah), dan ketika kita salah menjawab pertanyaan atau lupa dengan materi yang diajukan oleh Anki maka Anki akan melakukan kalkulasi khusus untuk dapat mengeluarkan lagi materi tersebut pada waktu tertentu. Dalam dunia psikologi, kalkulasi waktu review materi pada aplikasi Anki ini bekerja berdasarkan prinsip 'The Forgetting Curve'.

Untuk menguasai Anki secara optimal kita diharuskan untuk mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman HTML dan CSS. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mendesain/membuat cards pada flashcards. Tapi jangan khawatir, saya telah memberikan tutorial lengkap mengenai dasar-dasar bahasa pemrograman yang harus dipelajari untuk membuat flashcards pada Anki ini, yang telah saya sediakan pada link Anki di atas. Jadi teman-teman hanya perlu mengikutinya saja apabila teman-teman buta sama sekali tentang bahasa pemrograman HTML dan CSS.

Aplikasi Anki memang belum terlalu populer di Indonesia, hanya beberapa kalangan tertentu saja yang sudah familiar menggunakan aplikasi ini. Contohnya seperti di kalangan calon dokter, mereka biasa menggunakan aplikasi Anki untuk menghafal bagian-bagian tubuh manusia yang memiliki bahasa latin. Kemudian di kalangan polyglot, mereka biasa mengandalkan aplikasi Anki untuk mereview materi-materi yang mereka pelajari, seperti vocabulary, phrases, dan grammar.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Anki, teman-teman bisa langsung membacanya pada tautan link di atas.

Akhir kata saya hanya ingin mengatakan bahwa kita bisa kok belajar dengan efektif meskipun hanya secara otodidak dan tanpa partner sekalipun. Semangat!

Hi, salam kenal! Link ini mengenai saya.
email: ambizius6@gmail.com
Creative License
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.

0 diskusi

Jika ingin menyisipkan kode / url gambar / quote silahkan konvert dulu dengan kotak di bawah. Tulis elemen, klik tombol konvert yang kamu inginkan, copy, dan paste ke kolom komentar.


image quote pre code
© Hipolisis