Kata-kata dalam bahasa inggris yang membingungkan

update terakhir:

Selamat datang bagi alumni artikel-artikel sebelumnya ... Ini adalah artikel bahasa inggris ketigabelas. Pada artikel ini kita akan mempelajari kata-kata dalam bahasa inggris yang membingungkan (confused words).

Untuk pendatang baru yang hanya tiba pada artikel ini saja, saya merekomendasikan kalian untuk membaca artikel utama bahasa inggris dari blog ini yaitu tentang mind map bahasa inggris. Artikel tersebut merupakan artikel pedoman untuk membaca artikel-artikel bahasa inggris lainnya pada blog ini. Terdapat prinsip dasar penyusunan materi bahasa inggris pada blog ini, jadi jangan sampai tidak dibaca ya!

Apabila teman-teman sudah membaca artikel utama tersebut maka kita bisa langsung masuk ke pembahasan utama artikel ini.

buku belajar bahasa inggris
Gambar 1. Buku belajar bahasa inggris

Kategori confused words ini saya buat karena terdapat banyak kata-kata bahasa inggris yang maknanya hampir mirip, tetapi tidak sama 100%, dan apabila confused words yang maknanya terlihat sama ini ditempatkan ke dalam konteks teks yang sama, maka akan terjadi kesalahan pemaknaan pada salah satu kata confused words tersebut. Oleh karena itu confused words ini penting untuk diketahui dan dipelajari, agar kita bisa yakin 100% kalau kata-kata tersebut memang digunakan dalam konteks yang benar.

Confused words ini muncul ke permukaan karena satu kata saja bisa memiliki banyak makna atau terjemahan, jadi seberapa sering kata itu diucapkan dalam konteks yang tepat merupakan pemaknaan yang paling akurat. Meskipun sebenarnya kata ini memiliki banyak terjemahan lain, tetapi hal ini jarang diketahui oleh kita, karena tidak pernah digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Confused words pada tabel di bawah ini dapat dipelajari sebagai berikut, kolom kedua dan ketiga merupakan kata-kata yang maknanya hampir mirip, dan kata-kata yang berpasangan ini akan salah bila ditempatkan dalam konteks bacaan yang sama. Langsung saja kalian pelajari tabel di bawah ini:

No. Confused Words
1 Doubt (ragu) Hesitate (ragu-ragu)
2 Use (menggunakan) Wear (memakai)
3 May (boleh) Allow (membolehkan)
4 Stay (tinggal (sebentar)) Live (tinggal (lama))
5 Stop (berhenti) Quit (menyudahi)
6 Advice (nasehat) Advise (menasehati)
7 Belief (kepercayaan) Believe (percaya)
8 Life (kehidupan) Live (hidup)
9 Choice (pilihan) Choose (memilih)
10 Control (mengendalikan) Manage (mengatur)
11 Replace (mengganti) Change (berubah)
12 Mock (memaki) Insult (menghina)
13 Admire (mengagumi) Adore (memuja)
14 Touch (menyentuh) Hold (memegang)
15 Loyal (setia) Faithful (setia)
16 Nice (baik) Kind (baik)
17 Grateful (bersyukur) Thankful (bersyukur)
18 Naive (lugu) Innocent (polos)
19 Address (menyapa) ⟶ Say hi (menyapa)
I just wanna say hi and make friend with you. Would you say yes?
20 Part (berpisah) Say goodbye (berpisah)
21 Refuse (menolak) Say no (menolak)
22 Accept (menerima) Say yes (menerima)
23 Admit (mengakui) Must say (mengakui)
24 Disorganized (kacau) Unorganized (berantakan)
25 Dislike (benci) Unlike (beda dengan)
26 Disable (cacat) Unable (tak mampu)
27 Discover (menemukan) Uncover (membongkar)

Kata-kata pada tabel di atas sebenarnya sama dengan homonim, homofon, dan homograf dalam bahasa indonesia. Memang benar bahwa setiap bahasa memiliki keunikan tersendiri, tapi secara garis besar pemodelannya adalah sama.

Untuk kalian yang ingin berkontribusi menambahkan materi pada blog ini atau tabel di atas dapat dilakukan dengan cara mengkurasi materi bahasa inggris yang kalian punya dan menyesuaikan format tabelnya dengan tabel yang ingin kalian tambahkan. Setelah itu kalian bisa mengirimkannya ke alamat email saya di ambizius6@gmail.com dalam bentuk file excel. Link berikut ini adalah contoh dari format file kontribusi tersebut. Saya juga akan memberikan kredit bagi sang pengkontribusi materi sebagai bentuk apresiasi.

Jangan lupa dishare ke teman-teman kalian dan komentar di bawah jika terdapat kesalahan pemaknaan, grammar, dan yang lainnya. Kalian dapat melacak perubahan yang terjadi pada tabel di atas dengan cara melihat tabel riwayat pembaruan di bawah ini. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila terdapat kesalahan materi atau jika sewaktu-waktu saya menambahkan materi pada tabel di atas. Berikut ini adalah tabelnya:

Tanggal Riwayat Pembaruan
14 April 2022 Menambahkan 27 kata-kata pada tabel

Terima kasih untuk kalian yang telah membaca artikel ini sampai tuntas, saya tunggu di artikel selanjutnya mengenai antonim dalam bahasa inggris ...

Hi, salam kenal! Link ini mengenai saya.
email: ambizius6@gmail.com
Creative License
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.

0 diskusi

Jika ingin menyisipkan kode / url gambar / quote silahkan konvert dulu dengan kotak di bawah. Tulis elemen, klik tombol konvert yang kamu inginkan, copy, dan paste ke kolom komentar.


image quote pre code
© Hipolisis