Penggabungan kata (Portmanteau Words) dalam bahasa inggris

update terakhir:

Selamat datang di artikel belajar bahasa inggris ketujuhbelas! Tidak terasa perjalanan kita sudah mendekati akhir. Jangan kendurkan semangat belajar kalian ya!

Pada artikel ini kita akan mempelajari penggabungan kata atau yang dikenal dengan portmanteau words atau mash-up words dalam bahasa inggris. Bagi kalian yang menemukan artikel ini pada mesin pencarian google maka ada baiknya kalian membaca artikel utama bahasa inggris dari blog ini terlebih dahulu yaitu tentang mind map bahasa inggris. Artikel tersebut berisikan prinsip dasar dari penyusunan materi bahasa inggris pada blog ini, dan bisa menjadi artikel pedoman untuk memahami artikel bahasa inggris lainnya pada blog ini. Jadi wajib hukumnya artikel tersebut untuk dibaca terlebih dahulu.

Jika sudah dipahami arah dari pembuatan blog ini, yuk kita langsung masuk ke pembahasan utama artikel ini!

belajar bahasa inggris
Gambar 1. Belajar bahasa inggris

Penggabungan kata atau portmanteau words dalam bahasa inggris ini juga terdapat pada bahasa indonesia, contohnya pada kata 'mager' yang berasal dari kata 'malas' ditambah 'gerak' atau dari kata 'gabut' yang berasal dari kata 'gaji' ditambah 'buta'. Dapat dilihat bahwa penggabungan kata tersebut tidak terlepas dari makna tunggal dari komponen penyusun kata tersebut, jadi ketika kata-kata tersebut digabungkan dan kalian mengetahui kata-kata penyusunnya maka kalian bisa mengartikannya kata per kata.

Peleburan kata-kata ini sebenarnya bisa memunculkan makna baru yang tidak perlu kita tahun kata-kata penyusunnya, seperti kata 'gabut' yang maknanya sekarang bergeser menjadi 'tidak ada kerjaan' atau 'podcast' yang maknanya bergeser menjadi 'orang yang berdialog dalam suatu video', meskipun ada orang-orang idealis yang tetap mempertahankan makna aslinya, tetapi tidak perlu diributkan, cukup beresonansi saja.

Petunjuk penggunaan tabel di bawah adalah sebagai berikut, kolom kedua baris pertama adalah kata-kata penyusunnya sedangkan kolom kedua baris kedua adalah penggabungan katanya (portmanteau words). Terjemahan dalam bahasa inggris atau indonesia juga diberikan pada kolom ketiga.

Jika sudah memahami petunjuk penggunaan tabelnya maka kalian bisa langsung mempelajarinya:

No. Portmanteau Words
1 motor + hotel
⟶ motel
A hotel is usually a large, enclosed building with hundreds of rooms across multiple floors, while a motel has one or two floors with outdoor room entrances
2 smoke + fog
⟶ smog
air pollution that reduces visibility in industrial areas
3 breakfast + lunch
⟶ brunch
sarapannya di siang hari (telat makan)
4 information + commercial
⟶ infomercial
program televisi untuk memberikan informasi/mengiklankan produknya
5 romantic + comedy
⟶ romcom
komedi yang romantis
6 chill + relax
⟶ chillax
santai
7 hungry + angry
⟶ hangry
marah karena lapar
8 situation + comedy
⟶ sitcom
tv series dengan comedy
9 iPod + broadcast
⟶ podcast
a collection or series of digital audio files that are made available for downloading/listening via the Internet
10 science + fiction
⟶ sci-fi
film sains yang tidak nyata
11 giant + enormous
⟶ ginormous
sangat besar sekali
12 chuckle + short
⟶ chortle
tertawa terengah-engah (dengan napas memburu, seperti habis lari)
13 friend + enemy
⟶ frenemy
orang yg berpura-pura sebagai teman padahal nyatanya adalah musuh
14 f*cking + ugly
⟶ fugly
jelek banget
15 video + {log/blog}
⟶ vlog
video di blog

Jangan sampai lupa ya dengan kata-kata penyusun dari portmanteau words tersebut, karena model kata-kata ini dapat diartikan kata per kata. Jadi kata-kata penyusunnya sangatlah membantu untuk memahami arti dari portmanteau words tersebut.

Apabila kalian menemukan materi portmanteau words yang lainnya dan ingin menambahkan pada tabel di atas maka kalian dapat melakukannya dengan cara mengirimkan materi bahasa inggris yang telah kalian kurasi tersebut sesuai dengan format tabel di atas dan mengirimkannya ke email saya di ambizius6@gmail.com, dalam bentuk file excel. Link berikut ini adalah contoh dari format file kontribusi tersebut. Saya juga akan memberikan kredit bagi para kontributor materi tersebut sebagai bentuk apresiasi.

Silahkan komentar di bawah jika kalian menemukan kesalahan pemaknaan, grammar, dan yang lainnya pada tabel di atas. Hasil revisi atau penambahan materi pada tabel di atas dapat kalian lacak dengan menggunakan tabel riwayat pembaruan di bawah ini:

Tanggal Riwayat Pembaruan
18 April 2022 Menambahkan 15 kata-kata pada tabel

Silahkan kalian share artikel ini ke teman kalian yang sedang mempelajari bahasa inggris!

Terima kasih telah membaca artikel ini, saya tunggu di artikel selanjutnya.

Hi, salam kenal! Link ini mengenai saya.
email: ambizius6@gmail.com
Creative License
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.

0 diskusi

Jika ingin menyisipkan kode / url gambar / quote silahkan konvert dulu dengan kotak di bawah. Tulis elemen, klik tombol konvert yang kamu inginkan, copy, dan paste ke kolom komentar.


image quote pre code
© Hipolisis