Phrasal verbs dalam bahasa inggris

update terakhir:

Selamat datang di artikel keduabelas belajar bahasa inggris! Tidak terasa perjalanan kalian sudah makin jauh ya!

Bagi kalian yang menemukan artikel ini di mesin pencarian google yang mana artinya kalian belum membaca artikel-artikel sebelumnya maka saya sarankan kalian untuk membaca terlebih dahulu artikel utama bahasa inggris dari blog ini yaitu mind map bahasa inggris. Artikel tersebut berisi prinsip dasar penyusunan materi bahasa inggris pada blog ini dan merupakan artikel yang menjadi pedoman untuk membaca artikel-artikel bahasa inggris lainnya.

Yuk, kita langsung masuk ke pembahasannya!

percaya diri dalam belajar bahasa inggris
Gambar 1. Percaya diri dalam belajar bahasa inggris

Secara sederhana, phrasal verbs adalah gabungan kata kerja (verb) dengan particle lainnya yang biasanya terdiri dari 2 atau 3 kata. Gabungan antara kata kerja dan particle ini antara lain seperti verb (kata kerja) dengan preposition (kata depan), atau verb dengan adverb (kata keterangan). Apabila gabungan kata-kata pada phrasal verbs ini dipisahkan maka maknanya akan jadi berbeda, tidak seperti ketika digabungkan (phrasal verbs).

Akibat dari spesialnya 'gabungan kata-kata' ini maka phrasal verbs ini penting untuk dipelajari tersendiri, agar kita bisa mengerti mana kata-kata yang harus diartikan tersendiri dan mana yang harus diartikan secara berkelompok.

Petunjuk penggunaan tabel di bawah ini yaitu kolom pertama menunjukkan phrasal verbs nya dan kolom kedua adalah arti dari phrasal verbs tersebut, ingat baik-baik bahwa phrasal verbs itu diartikan secara berkelompok tidak kata per kata. Berikut ini adalah tabel phrasal verbs tersebut:

No. Phrasal Verbs Meaning
1 find out discover
2 work out exercise
3 pass away die
4 take after resemble
5 run out of have none left
6 put off postpone (menunda)
7 tell off reprimand (teguran)
8 pass out faint (pingsan)
9 watch out be careful
10 back somebody up support
11 chip in help
12 told off to berate (mencaci maki)
13 come over to visit
14 look up to to admire
15 give up to quit
16 talk over to discuss
17 call off cancel
18 carry on continue
19 get back to return
20 speak up to speak more loudly (I can't hear you!!)
21 hang up to finish the call (I'm going to hang up!)
22 pick up to answer a phone call (She's not picking up)
23 hang on to wait (can you hang on? I've got another call)
24 get up to mischief (nakal) do something naughty (nakal)
25 get down to business start work
26 get off my back stop nagging me (berhenti menggangguku)
27 get back to basics start again at the beginning
28 get away with murder do something bad and not be punished

Pemodelan phrasal verbs ini penting untuk diketahui, agar kita mengerti kalau 'ada loh kata-kata yang ga diartikan secara per kata, melainkan secara berkelompok, namanya adalah phrasal verbs', sangat berguna sekali sebagai alarm diri sendiri.

Saya kira tabel di atas cukup untuk menjelaskan tentang contoh kata-kata phrasal verbs, jangan lupa komentar di bawah jika terdapat kesalahan penulisan, pemaknaan, grammar, dan lain-lain. Kalian juga bisa ikut berkontribusi pada materi di blog ini atau tabel di atas dengan cara mengirimkan materi bahasa inggris yang telah kalian kurasi sendiri sesuai dengan tabel yang ingin kalian tambahkan dan kemudian kalian kirimkan ke alamat email saya di ambizius6@gmail.com, dalam bentuk file excel. Link berikut ini adalah contoh dari format file kontribusi tersebut. Saya juga akan memberikan kredit bagi sang kontributor sebagai bentuk apresiasi.

Perubahan pada tabel di atas karena kesalahan materi atau penambahan materi dapat kalian liat pada tabel riwayat pembaruan di bawah ini:

Tanggal Riwayat Pembaruan
13 April 2022 Menambahkan 28 kata-kata pada tabel

Jangan lupa share ke teman kalian yang sedang mempelajari bahasa inggris ya! Siapa tau membantu persiapannya. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini, selamat belajar teman-teman ...

Hi, salam kenal! Link ini mengenai saya.
email: ambizius6@gmail.com
Creative License
Konten/Material pada halaman ini dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License oleh psi. Klik link berikut untuk memahami aturan penggunaan ulang material pada blog Hipolisis.

0 diskusi

Jika ingin menyisipkan kode / url gambar / quote silahkan konvert dulu dengan kotak di bawah. Tulis elemen, klik tombol konvert yang kamu inginkan, copy, dan paste ke kolom komentar.


image quote pre code
© Hipolisis