Hak Cipta

Blog Hipolisis menggunakan hak cipta berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penjelasan mengenai lisensi ini terdapat pada link tersebut atau pada gambar di bawah ini:

Tulisan BY dengan logo "orang" pada gambar tersebut melambangkan Attribution atau Atribusi. Artinya kalian harus memberikan kredit kepada pemilik lisensi asli dari material yang kalian ambil dan menunjukkan perubahan pada material tersebut jika kalian memodifikasinya.

Tulisan SA dengan logo "tanda panah memutar" pada gambar tersebut melambangkan ShareAlike atau Bagikan dengan Serupa. Artinya kalian harus membagikan hasil material yang kalian modifikasi tersebut dengan lisensi yang sama dengan material aslinya. Pada contoh kasus lisensi saya berarti jika kalian memodifikasinya maka kalian harus memberi lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License juga.

Mengapa menggunakan jenis lisensi ini?

Perlu diketahui bahwa lisensi ini banyak jenisnya, ada yang boleh dibagikan tanpa kredit pembuat, dibagikan dengan kredit pembuat, tidak boleh dimuat ulang secara komersil, tidak boleh diubah sama sekali karya tersebut, dan gabungan/kombinasi dari lisensi-lisensi tersebut. Saya memilih jenis lisensi BY dan SA karena saya ingin membuka ruang seluas-luasnya bagi para kreator untuk memuat ulang material yang saya miliki, secara komersil maupun non-komersil. Lisensi BY saya gunakan agar hak cipta saya sebagai penulis/creator tidak hilang (aturan khusus bagi pengguna komersil dan non-komersil silahkan dibaca pada section di bawah). Sedangkan lisensi SA saya gunakan agar menciptakan efek berantai terhadap karya turunan yang kalian buat, karena kalian harus menggunakan lisensi yang sama dengan material originalnya, sehingga orang lain bisa memodifikasi karyamu juga. Jika saya hanya menggunakan lisensi BY saja tanpa SA maka ada kemungkinan kreator yang memodifikasi karya original tersebut mengganti lisensinya, sehingga mungkin saja karya tersebut tidak boleh diproduksi ulang lagi. Tentu saja saya tidak mau hal ini terjadi.

Aturan penggunaan material blog Hipolisis

  1. Aturan ini dibuat sebagai bentuk untuk menghargai hak cipta penulis.
  2. Blog Hipolisis atau saya (psi) sebagai penulis mendukung penuh material yang ada di blog ini untuk dimuat ulang ke berbagai media/platform. Namun, ada aturan khusus untuk penggunaan secara komersil.
  3. Untuk penggunaan secara non-komersil (untuk keperluan pembuatan laporan, mengerjakan tugas, berdiskusi, berdebat, pengajaran, dan sejenisnya) maka kalian tidak perlu memberi link kredit kepada blog ini. Kalian hanya perlu membaca sampai poin ini saja bagi penggunaan secara non-komersil.
  4. Untuk penggunaan secara komersil (di-"uangkan" / dimonetisasi) maka kalian harus membaca poin selanjutnya hingga selesai.
  5. Untuk penggunaan secara komersil, berikan kredit berupa link menuju ke material yang kalian ambil, nama penulis, dan lisensikan karya turunan yang kalian buat dengan lisensi yang sama,
    Jika material yang kalian ambil berupa tulisan maka beri kredit seperti ini:
    Sumber: https://www.hipolisis.com/2022/05/laporan-koefisien-serapan-sinar-gamma.html, ditulis oleh psi, dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Konten ini juga dibuat dengan lisensi tersebut.
    HTML Code untuk material tulisan
    Sumber: <a href='URL Lengkap'>URL Lengkap</a>, ditulis oleh <b>psi</b>, dengan lisensi <a href='http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/'>Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a>. Konten ini juga dibuat dengan lisensi tersebut.
    Jika material yang kalian ambil berupa gambar maka beri kredit seperti ini:
    Sumber gambar: https://www.hipolisis.com/2022/05/laporan-koefisien-serapan-sinar-gamma.html, "judul gambar yang diambil" dibuat oleh psi, dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Konten ini juga dibuat dengan lisensi tersebut.
    HTML Code untuk material gambar
    Sumber gambar: <a href='URL Lengkap'>URL Lengkap</a>, "judul gambar yang diambil" dibuat oleh <b>psi</b>, dengan lisensi <a href='http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/'>Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a>. Konten ini juga dibuat dengan lisensi tersebut.
    ganti link warna ungu dengan link dimana kalian mengambil material tersebut dan warna hijau dengan judul gambar yang kalian ambil.
  6. Tulisan atau gambar yang kalian ambil maksimal memiliki 20% similarity dari keseluruhan konten yang kalian buat. Artinya, saya ingin material tersebut hanya sebagai pelengkap saja bukan konten utama kalian.
  7. Jika penggunaan material secara komersil tidak memenuhi persyaratan 5 dan 6 maka saya akan beri teguran kepada author / content creator tersebut dengan batas maksimal respon 7x24 jam. Jika tidak ada respon sama sekali maka saya akan mengurus pelanggaran hak cipta yang dilakukan.
© Hipolisis